SaatNya Games Membawa Perubahan

febran

Tanggal 26 Februari lalu Games for Change mengumumkan beberapa nominasi untuk Games for Change Award 2015. Games for Change sendiri merupakan sebuah organisasi nonprofit yang berperan memfasilitasi pengembangan dan distribusi berbagai game yang mampu memotivasi perubahan positif di masyarakat.


Games for Change Award merupakan bentuk apreasi tahunan terhadap berbagai judul game terbaik yang telah mampu mendukung perubahan positif tersebut. Dimulai pada tahun 2004 kini Games for Change Award telah menjadi salah satu penghargaan bergengsi di industri game internasional.

Perlahan banyak pihak mulai mengakui potensi game tidak hanya sekedar produk (media hiburan) semata tetapi juga sebuah media untuk menghadirkan perubahan positif. Mungkinkah kita juga bisa mengembangkan hal yang sama untuk Indonesia?...
Berikut adalah beberapa definisi formal dari game:
  • A game is a problem solving activityapproached with playful attitude,” oleh Jesse Schell.
  • “A game is a particular way of looking at somethinganything,” oleh Clark C. Abt.
  • “Games share four defining traits: a goalrulesa feedback systemand voluntary participation,” oleh Jane McGonigal.
Dari ketiga defisi tersebut di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa GAME adalah media yang mampu memotivasi kita untuk memecahkan masalah, memperkaya sudut pandang kita, dan mendorong kita melakukan sesuatu secara sukarela. Dengan kata lain, pada dasarnya game adalah sebuah media yang sangat potensial untuk memotivasi berbagai bentuk perubahan positif.
Game telah terbukti sebagai sebuah media/komoditas hiburan paling diminati, tapi itu baru sebagian dari apa yang bisa game hadirkan. Saat ini ribuan judul game baru hadir setiap bulan, dan karena itu kita dituntut untuk mampu bersaing di banyak faktor, mulai dari harga, kualitas, kemampuan promosi, dan banyak hal lainnnya.
Selalu ada peluang untuk sukses, namun tanpa diferensiasi atau value proposition yang berbeda tentu akan sangat sulit.


Menghadirkan game sebagai sebuah alternatif solusi untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di sekitar kita mungkin bisa jadi sebuah alternatif diferensiasi produk yang menarik. Mengangkat berbagai kekayaan budaya, membantu proses pembelajaran yang lebih efektif, sosialiasi berbagai nilai postif adalah beberapa tantangan menarik untuk kita semua. Jika kita kemudian bisa menghadirkan game yang memberi alternatif solusi atas berbagai tantangan tersebut, maka gameyang kita hadirkan akan memiliki value proposition yang beda dan pasti akan ada pihak yang tertarik untuk mengoptimalkannya.
“Hal baik, umumnya susah. Jika mudah, kemungkinan besar ada yang salah.”
Ini mungkin juga berlaku ketika kita coba menghadirkan game yang mampu memberikan dampak positif. Tapi jangan sampai kesulitan yang dihadapi menyurutkan kita untuk terus berusaha. Bukankah akan jadi hal luar biasa ketika satu hari Indonesia bisa dikenal sebagai pusat industri game yang bukan hanya berkualitas namun juga terbukti mampu menjadi solusi atas berbagai permasalah yang ada?
Semoga kita semua bisa bawa mimpi besar tersebut menjadi nyata.
Sumber : Segita.net

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »