PSVita dan Nintendo 3DS Pilih mana ?

febran



Banyak orang bertanya tanya saat ingin membeli gaming handled.
"PSvita apa 3DS ya?", "bagusan mana 3DS apa Vita?" "Mana Yang lebih baik dibeli ?"

Jawabannya adalah Kedua itu punya Kelebihan tersendiri :

Nintendo 3DS (ニンテンドー Nintendo 3DS Suri DI Esu?, Disingkat 3DS)  adalah konsol game portabel yang diproduksi oleh Nintendo. Dengan adanya perangkat  autostereoscopic membuat 3DS dapat memproyeksikan efek 3D stereoscopic tanpa menggunakan bantuan kacamata 3D atau aksesoris tambahan . Fitur Nintendo 3DS  kompatibel dengan Seri Nintendo DS lainnya. 3DS dirilis pada tahun 2011, dan hingga sekarang sudah memiliki 3 jenis varian, yakni Original 3DS (yang sekarang sudah dicabut dari website resmi Nintendo), 3DS XL, dan 2DS.



PlayStation Vita (PSVita) adalah konsol permainan video game yang diluncurkan oleh Sony Computer Entertainment setelah meraih kesuksesan oleh  PlayStation Portable (PSP) generasi pertama. Vita  di rilis pada Desember 2011. Sampai saat ini, Vita telah memiliki 3 varian juga, yang salah satunya bukan merupakan portable. Ketiga produk ini antara lain adalah Vita (PCH-1000), Vita Slim (PCH-2000) dan Vita TV yang merupakan varian konsol dari Vita.

Sony dan Nintendo, yang telah berkompetisi slm bertahun2 dalam bidang game console, telah merilis console handheld terbaru mereka, yaitu PS Vita dan Nintendo 3DS.
Untuk membandingkan mana yang lebih bagus, Simak berikut ini :

Dari spek nya :

1. Spesifikasi



Secara spesifikasi, PSVita menang diatas 3DS. Dipersenjatai dengan Quad-core ARM Cortex A9 dengan clock speed antara 800 hingga 1000 mhz dan SGX543MP4+, PSVita berhasil memikat para gamers yang ingin bermain game dengan grafis yang indah. 3DS sendiri hanya dipersenjatai dengan Dual-core ARM11 dengan clock speed 268mhz dan Pica 200. Untuk perbandingan grafis, PSVita dapat menghasilkan grafis dua kali lebih indah dibanding 3DS, dengan perbandingan 33 juta poligon per-detik (Vita) banding 15.3 juta poligon per-detik (3DS). Vita juga unggul dalam layar karena Vita memiliki 5 inch LCD screen (dan LED untuk versi Slim) dengan ukuran pixel 960×544. 3DS, yang tampaknya harus berusaha lebih, hanya diberikan ukuran pixel 400×240 yang hanya cukup untuk layar ukuran 3.53 inch. Masalah besar terdapat pada varian XL yang memiliki ukuran pixel yang sama, untuk layar yang cukup besar, yakni 4.88 inch.

2. Fitur
Seperti smartphone pada umumnya, masing-masing handheld dilengkapi dengan fitur standar seperti gyroscope dan accelerometer. Namun, jangan lupakan fitur khusus yang disematkan untuk masing-masing perangkat. PSVita dilengkapi dengan front capacitive touchscreen dan rear capacitive touchpad. rear touchpad merupakan sentuhan unik yang diberikan oleh Sony, namun hanya sedikit game yang menggunakan fitur ini karena dirasa cukup merepotkan. Dilain pihak, 3DS tetap diberikan layar sentuh resistif untuk layar bawah, namun layar atas diperlebar untuk memanfaatkan fitur 3D. Fitur 3D yang diberikan Nintendo cukup unik, karena pemain tidak memerlukan kacamata khusus untuk melihat efek 3D yang ditampilkan. Fitur ini terkenal dengan sebutan glassless 3D, atau 3D tanpa kacamata. Fitur yang sangat unik, namun sayangnya penggunaan 3D secara berlebih dapat memberikan efek samping, seperti mata lelah dan rasa mual. Dan dikarenakan fitur ini tidak memerlukan kacamata, sangat tidak disarankan untuk diberikan kepada anak berumur 8 tahun kebawah dikarenakan mata anak belum bisa menyesuaikan.

3. Grafis


Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, Vita memberikan grafis dua kali lebih bagus dibanding 3DS, namun bukan itu masalah pada 3DS. 3DS sejatinya mampu memberikan grafis yang cukup bagus seperti yang ditampilkan dalam game Resident Evil Revelation. Namun, masalah utama datang pada efek 3D, yang cara kerjanya identik dengan cara kerja dual-monitor. Efek 3D menjadi kelebihan utama sekaligus hambatan bagi 3DS untuk memberikan pemain grafis yang lebih. Vita, dalam sektor grafis, unggul.


4. Games


Gamers membeli konsol atau handheld dikarenakan games. Tanpa games, konsol atau handheld tidak lebih dari sekedar batu bata. 3DS sejatinya ditujukan untuk fans berat Nintendo, dikarenakan game yang dirilis sampai saat ini kebanyakan ialah dari Nintendo. Namun, berkat popularitas 3DS dan berkat kerja keras Capcom dalam merilis Monster Hunter 3 Ultimate, 3DS meraih penjualan yang tinggi, dan perusahaan seperti Atlus, XSEED dan lainnya mulai melirik pangsa yang menggoda ini. Hingga saat ini, banyak game menggoda seperti Persona Q, Pokemon Omega Ruby & Alpha Sapphire, Monster hunter 4 Ultimate, Final Fantasy Explorers dan lain sebagainya yang nanti akan rilis di 3DS.


Berbeda dengan 3DS, penjualan Vita tidak begitu bagus, namun tidak seburuk penjualan Wii U. Namun dikarenakan Playstation dikenal sebagai surganya games pihak ketiga, sudah banyak game bagus yang ada pada Vita, seperti Need for Speed Most Wanted, Persona 4 Golden, Gravity Rush, God Eaters 2, dan masih banyak lagi. Namun untuk saat ini, game vita yang siap rilis tidak banyak selain dari Jepang. Dan ditambah fakta bahwa Vita hanyalah alat pelengkap untuk PS4 bagi Sony, masa depan Vita patut dipertanyakan.

Walaupun 3DS tidak sebagus Vita, tampaknya 3DS mendapat perhatian lebih semenjak E3. Dan Vita, walaupun memiliki grafis yang jauh melebihi Vita, akhirnya harus takluk dihadapan 3DS. Namun sepertinya terlalu cepat untuk menspekulasi masa depan kedua handheld. Pada akhirnya, semua berada di tangan anda. Jika anda mementingkan grafis, PSVita cocok untuk menjadi pendamping anda. Dan jika anda lebih mencari sesuatu yang fun dan menarik untuk dimainkan dalam jangka waktu yang lama, ambil lah 3DS. Saya sendiri sempat pindah dari 3DS ke Vita hingga akhirnya saya kembali ke 3DS. Semua kembali ke preferensi anda sendiri.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »